Pages

Minggu, 19 Desember 2021

Level 0 : Golongan Barang

Hanya ada dua golongan saja sebagai yaitu barang yang dikelola oleh gudang serta barang yang tidak dikelola oleh gudang. Semua barang yang sudah dikeluarkan dari gudang, maka dalam hal ini sudah di luar dari pokok pembahasa kita, karena sudah di luar pengelolaan gudang. Namun pengadaan, pengendalian keluarnya barang serta stok-persediaannya dikendalikan oleh departemen terkait sebagai berikut,pengadaan, pengendalian keluarnya barang serta stok-persediaannya

Maka dalam pokok bahasan kita hanya ada satu Level 0 : Golongan Barang yang di-analisis yaitu barang yang masih dalam pengelolaan gudang.

Adapun Golongan BARANG kita bagi dalam empat Grup Barang, pada Level 1 sebagai berikut : 

  1. Level 1 : Grup KOMODITAS
  2. Level 1 : Grup ASET
  3. Level 1 : Grup INVENTORI
  4. Level 1 : Grup PENUNJANG

Pada postingang y.a.d. kita akan bahas semua Grup Barang satu per satu. Dimana sorotan khusus untuk Grup ASET akan analisis sampai 7 tingkatan atau level saja sedangkan Grup INVENTORI akan dibahas analisisnya sampai 8 tingkatan/level.

Grup KOMODITAS adalah barang dagangan untuk dijual ke konsumen yang dimana pengadaan, pengendalian keluarnya barang serta stok-persediaannya dilakukan Bagian Penjualan dan/atau Bagian Purna Jual. Pengadaan bisa ke internal perusahaan untuk mem-buat produk sendiri atau mendatangkan produk komoditas dari suplier eksternal.

Grup ASET adalah harta kekayaan bergerak (berupa mesin, kendaraan, alat berat dll) yang dibeli dan dipakai untuk operasi perusahaan sendiri bukan untuk dijual yang dihitung nilai susut/depresiasi. Singkatnya : harta perusahaan yang bisa masuk gudang dan bisa dihitung persediaanya. Jadi harta perusahaan berupa gedung, gudang, tiang bendera dan pos satpam tidak masuk dalam Grup ASET.  

Grup INVENTORI adalah semua barang/bahan baku yang peruntukannya membuat produk saja, bukan untuk dijual atau dipakai sendiri. Dimana pengendalian pengadaan serta keluarnya barang serta stok-persediaannya dilakukan oleh Bagian PPIC atau Bagian Inventori, atas order konsumen. Sedangkan penyimpanan dan pengamanannya bisa dilakukan oleh Bagian Gudang.

Grup PENUNJANG adalah barang habis/langsung pakai atau konsumabel yaitu barang yang apabila di-konsumsi/di-gunakan maka dia dianggap habis. Grup PENUNJANG ini diadakan untuk keperluan operasional perusahaan sendiri, bukan untuk dijual dan bukan untuk bahan baku produk.

Tanya : Mengapa klasifikasi barang dibuat bertingkat dan kompleks ?
Jawab : Untuk memenuhi syarat cukup dan perlu . . . selengkapnya

Tanya : PPIC mengendalikan pengadaan, masuk-keluar stok atas empat Grup Barang itu ?
Jawab : Tentu tidak semua . . . selengkapnya

Tanya : Apakah perbedaan tugas antara Bagian Gudang dengan Bagian Inventori/PPIC ?
Jawab : Tugas Bagian Gudang hanya . . . selengkapnya

Tanya : Apa perbedaanya setiap Grup Barang di atas serta contohnya ?
Jawab : Perbedaan barang : dagangan, bergerak, bahan baku & konsumabel . . . selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan comment, . . .